Laman

Senin, 12 September 2011

Lingkungan Yang Nyaman dalam Upaya Pembangunan Budaya Perusahaan

Pada dasarnya, Tito Group bukanlah group perusahaan yang ingin meraih sukses dengan cara yang sangat cepat. Saya ingin sebuah pertumbuhan yang alamiah, bertahap dan terencana, serta tidak tergesa-gesa untuk segera memetik buah. Filosofi yang dipakai sebagaimana yang tercantum dalam "14 Prinsip Tito Way" yaitu Bekerjalah seperti kura-kura dan tidak seperti kelinci.


Hal penting yang dibutuhkan dalam membangun budaya perusahaan yang akan mengalami sebuah pertumbuhan dalam jangka waktu yang sangat panjang adalah kondisi perusahaan yang nyaman. Penting untuk membangun sebuah budaya di mana orang-orang merasa nyaman untuk mengungkapkan masalah dan memandang masalah tersebut sebagai peluang dalm membuat perbaikan. Menciptakan lingkungan yang nyaman sekaligus menantang merupakan sebuah tantangan yang nyata. Bagaimana saya menciptakan kondisi yang nyaman untuk semua orang baik yang berada di dalam "Tito Group" maupun yang ada di luar yaitu masyarakat di sekitar saya.?

Agar orang terus menerus terlibat dalam kaizen, harus ada lingkungan yang nyaman. Saya harus merasakan itu dalam perkembangan saya sendiri di Group yang saya dirikan ini, secara terus menerus walaupun tantangan semakin besar yang saya hadapi di mana saya tidak mempunyai pengalaman yang cukup memadai untuk hampir semua linii usaha yang sekarang sedang dibangun di Tito Group. Ternyata, amalan harian yang terkait dengan olah batin yang saya lakukan harus ditularkan dan diajarkan kepada semua yang berada di dalam keluarga besar Tito Group. Karena sebagaimana yang tercantum dalam Kitab al-Hikam "Apa yang tersembunyi di keghaiban hati, di alam nyata termanifestasikan." Kondisi batiniah sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perusahaan ini. Dari sinilah saya selalu merasa nyaman dan ceria selama saya mengalami proses pembelajaran di dunia nyata. Dari setiap pengalaman yang saya dapatkan saya menyadari bahwa semua point-point "ibroh" di setiap kejadian akan menjadikan saya semakin positif memandang masa depan Tito Group. Dan orang lain pun memandang saya selalu dalam kondisi yang sangat positif.   

Saya benar-benar menginternalisasi filosofi "Tito Way" dan mempraktekkannya setiap hari - konsep perbaikan terus menerus dan menghargai individu. Dan inilah yang harus saya tularkan kepada semua individu di dalam "Tito Group".