Laman

Sabtu, 23 Maret 2019

TUJUH WASIAT NABI SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM KEPADA ABU DZAR RADHIALLAHU 'ANHU

🇳 🇦 🇸 🇪 🇭  🇦 🇹

TUJUH WASIAT NABI SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM KEPADA ABU DZAR RADHIALLAHU 'ANHU

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: أَمَرَنِي خَلِيلِي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ: (أَمَرَنِي بِحُبِّ الْمَسَاكِينِ، وَالدُّنُوِّ مِنْهُمْ، وَأَمَرَنِي أَنْ أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ دُونِي، وَلَا أَنْظُرَ إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقِي، وَأَمَرَنِي أَنْ أَصِلَ الرَّحِمَ وَإِنْ أَدْبَرَتْ، وَأَمَرَنِي أَنْ لَا أَسْأَلَ أَحَدًا شَيْئًا، وَأَمَرَنِي أَنْ أَقُولَ بِالْحَقِّ وَإِنْ كَانَ مُرًّا، وَأَمَرَنِي أَنْ لَا أَخَافَ فِي اللهِ لَوْمَةَ لَائِمٍ، وَأَمَرَنِي أَنْ أُكْثِرَ مِنْ قَوْلِ: لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ، فَإِنَّهُنَّ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ.

Dari Abu Dzar radhiallahu 'anhu, ia berkata: “Kekasihku (Rasulullah) shallallahu ‘alaihi wasallam berwasiat kepadaku dengan tujuh hal:

1⃣ Supaya aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka.

2⃣ Beliau memerintahkan aku agar aku melihat kepada orang yang berada di bawahku dan tidak melihat kepada orang yang berada di atasku.

3⃣ Beliau memerintahkan agar aku menyambung silaturahim meskipun mereka berlaku kasar kepadaku.

4⃣ Beliau memerintahkan kepadaku agar tidak meminta-minta kepada manusia.

5⃣ Beliau memerintakan aku agar mengucapkan yang hak (benar) walaupun pahit.

6⃣ Beliau memerintahkan aku agar tidak takut pada celaan orang yang mencela.

7⃣ Beliau memerintahkan agar memperbanyak ucapan lâ haulâ walâ quwwata illâ billâh (tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah).
Sebab ketujuh perkara tersebut merupakan harta simpanan di bawah Arsy.

📚 (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Bani dalam Silsilah Al-Ahaadits Ash-Shahihah, No. 2166).

📝 Ustadz Anshari, MA, hafizhahullah

•┈•◎❅❀❦❖🌺💠🌺💠🌺❖❦❀❅◎•┈•