Laman

Jumat, 08 Maret 2019

HUKUM MANDI JUMAT


๐Ÿ’Ž๐ŸŒท HUKUM MANDI JUMAT ๐Ÿšฟ๐Ÿ•Œ

๐ŸŒ€ Hukum mandi Jumat adalah wajib.
Di antara dalilnya adalah sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam,

ุบูุณู’ู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ูˆูŽุงุฌูุจูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ู…ูุญู’ุชูŽู„ูู…ู

โ€œMandi pada hari Jumat adalah wajib atas setiap yang sudah baligh.โ€
(HR. Al-Bukhari no. 879)

๐ŸŒ€ Dalam hadits ini, Nabi Shallallahu alaihi wasallam mengatakan wajib dan tentu tidak ada yang lebih fasih daripada Nabi Shallallahu alaihi wasallam dalam menyampaikan kata-kata.

๐ŸŒ€ Adapun hadits yang menyatakan,
โ€œBarangsiapa berwudhu pada hari Jumโ€™at, dia telah bagus dan barangsiapa yang mandi, mandi itu lebih baik.โ€
(HR. An-Nasai dalam Sunan-nya dari Amrah)

๐ŸŒ€ Andaikata riwayat ini sahih, tetap tidak mengandung nash dan dalil bahwa mandi Jumat itu tidak wajib. Di dalamnya hanya dijelaskan tentang wudhu adalah sebaik-baik amalan dan bahwa mandi itu lebih baik, hal ini tidak diragukan.
Sungguh Allah Subhanahu wataala berfirman,

ูˆูŽู„ูŽูˆู’ุกูŽุงู…ูŽู†ูŽ ุงูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ู„ูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุงู„ู‘ูŽู‡ูู…ู’

โ€œSekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka.โ€
(Qs.Ali Imran: 110)

๐ŸŒ€ Apakah ayat ini menunjukkan bahwa iman dan takwa tidak wajib? Sama sekali tidak.
(Al-Muhalla 2/14, Ibnu Hazm)

๐ŸŒ€ Masalah lain, wajibnya mandi bukan karena hari Jumat, melainkan karena akan menghadiri Jumatan.
๐Ÿ’  Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda,
โ€œApabila salah seorang dari kalian mendatangi Jumatan hendaknya dia mandi.โ€
(Shahihal-Bukhari no. 877 dari hadits Ibnu Umar radhiyallahu โ€˜anhuma)

๐ŸŒ€ Hadits ini menunjukkan bahwa orang yang ingin menghadiri Jumatan harus mandi meskipun yang akan hadir itu orang yang tidak wajib Jumatan, seperti budak, anak kecil, dan wanita. Dipahami pula dari hadits ini, mandi tidak disyariatkan bagi yang tidak menghadiri Jumatan.
(lihat kitab Ahaditsul Jumuโ€™ah hlm. 204 karya Abdul Quddus Muhammad Nadzir)

๐ŸŒ€ Adapun waktu mandi yang dianggap sudah mencukupi/sah untuk pelaksanaan shalat Jumat adalah dari terbitnya fajar shadiq (subuh) hingga pelaksanaan shalat Jumat.
(Ahaditsul Jumuโ€™ah hlm. 202 dan Al-Majmuโ€™ karya An-Nawawi rahimahullah 4/408)

๐Ÿ”– Mandi Jumโ€™at yang bagus praktiknya adalah seperti mandi junub, sebagaimana disebutkan oleh Al-Imam Al-Bukhari rahimahullah dalam Shahih-nya, bab โ€œFadhlul Jumuโ€™ahโ€ hadits no. 881.

โœ’ Editor : Admin Asy-Syamil.com

โ™ป Raih amal shalih dengan menyebarkan kiriman ini , semoga bermanfaat.
Jazakumullahu khoiron.

โ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ—ˆโ†โ—‰โ’  ๐Ÿ“š  โ’โ—‰โ†โ—ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆ