Laman

Selasa, 18 September 2012

TIPS MENGUBAH IMPIAN MENJADI KENYATAAN

Bagaimana Anda mengubah impian menjadi kenyataan? Apa yang membedakan orang-orang yang hanya berkhayal dengan orang yang mengubah impian jadi kenyataan?


Saya meyakini sebuah statemen dari seorang bijak bahwa 'Mimpi hari ini adalah kenyataan di masa yang akan datang.' Dan saya sendiri adalah seorang pemimpi, dan sudah terbiasa dengan tertawaan orang lain terhadap mimpi-mimpi yang saya miliki. Kini, untuk menjaga diri dari hal-hal yang kurang baik, saya tidak lagi bercerita tentang mimpi-mimpi saya kepada banyak orang, karena sering kali 'menceritakan' justru membikin saya kurang fokus dalam melangkah untuk menggapai semua impian saya.

Hampir setiap hari saya meluangkan waktu untuk memvisualisasikan bagaimana masa depan saya sesuai apa yang saya impikan. Namun, saya bukan sedang mengkhayal, karena pengkhayal hanyalah orang yang merangkai kata 'seandainya', kata-kata syaitan yang tidak melahirkan kerja nyata dan cenderung hanya berdiam diri tidak melakukan ikhtiar basyariah (upaya manusiawi). Saya tidak berdiam diri, saya berusaha menggunakan harapan dan impian sebagai sasaran, sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan baik bisnis dan aktivitas harian lainnya.

Jika impian Anda mengambil alih diri Anda -Jika Anda melakukannya tanpa mempelajari sebelumnya- impian tersebut dapat mengalihkan perhatian Anda dari tujuan-tujuan yang lebih ralistis. Dan saya sering mengatakan 'atur langkah Anda' dalam upaya untuk menggapai semua impian Anda.
Contohnya, jika Anda bermimpi memiliki rumah besar, mobil mewah atau gaya hidup yang lebih mewah (semua orang juga menginginkannya), Anda akan mudah tertarik oleh cara-cara "kaya mendadak". Hal semacam ini justru akan menguras harta dan waktu yang Anda miliki serta mengalihkan dari tujuan-tujuan yang lebih tealistis, misalnya melanjutkan sekolah atau mencari pekerjaan yang lebih baik.


TULIS IMPIAN ANDA
Ini adalah tahap yang paling panting dan hal yang membedakan dengan para pengkhayal. Saya telah menuliskan impian-impian saya mulai dari yang kecil sampai mimpi besar saya dalam sebuah rangkaian yang saya beri judul 'My Goals' dan saya pigura. Saya menuliskannya tahun 2006 saat saya bertugas di KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara) Wamena Irian Jaya. Sampai hari ini masih ada dan saya beri pigura.


Jika Anda ingin mengubah impian menjadi kenyataan, Anda perlu mengembangkan karakter diri yang layak untuk menjadi pemenang yaitu TANGGUH dan DISIPLIN. Anda harus mampu mengklarifikasikan impian Anda, mengevaluasi, dan membawanya dari tahap imajinasi menuju tindakan. Kalau Anda tidak bertindak maka Anda hanyalah pengkhayal belaka. Ingat perjalanan ribuan kilometer ditempuh dari rangkaian langkah-langkah kecil yang mampu Anda lakukan setiap hari. Dan nikmati proses ini dengan hati bahagia serta senyuman yang selalu menghiasi wajah Anda, dalam kondisi bagaimanapun juga. Karena dalam al Qur'an disebutkan bahwa 'Tiadalah kehidupan dunia melainkan sendau gurau dan permainan'. Bisnis adalah bagian dari sebuah permainan yang harus dijalani dengan keceriaan.

Sekarang mari kita lihat "skala impian" dari tahap yang paling tidak mungkin dicapai sampai yang paling mungkin dicapai:

» FANTASI, merupakan konsep-konsep yang tidak mungkin dapat dicapai atau sangat tidak realistis. Saat ini banyak sekali iklan yang menawarkan penghasilan ratusan juta bahkan milyaran hanya dengan bekerja paruh waktu, dengan gambaran orang yang sedang bersantai di rumah mewah dengan hiasan mobil mewah. Orang-orang ini tahu bahwa mereka menjual fantasi. Tetapi jangan salah, saya tahu bahwa berfantasi bisa membuat hidup ini lebih hidup, namun saat fantasi 'otak kanan' berlebihan tanpa diimbangi dengan kendali 'otak kiri' ini bisa menjadi musibah. Saya melihat sendiri ketika merintis sebuah komunitas yang saya beri nama 'kolam emas', justru saya tinggalkan karena saat itu saya merasa pemikiran 'otak kanan' dari beberapa rekan sudah tidak rasional lagi dan menyalahi sunnatullah di alam bahwa semua butuh proses tumbuh. Akhirnya kolam emas pun berantakan dengan berakhir cukup tragis :)

» IMPIAN, merupakan konsep-konsep yang dapat dicapai tetapi hanya sedikit orang yang mampu menggapai impian-impian yang besar, karena sebagian besar masyarakat masih takut untuk bermimpi besar, apalagi di kosakata bahasa jawa ada istilah 'ngoyo woro' yang ini menjadi penghalang secara psikologis bagi kebanyakan wong jawa, dan juga sangat populer dalam omongan keseharian orang jawa -juga sebagai penghalang - yaitu 'ojo neko-neko'.

» VISI, merupakan konsep yang dapat dicapai sekaligus suatu tahapan di mana kerugian dan hambatan dalam mencapainya juga dipertimbangkan. Dalam tahap visi ini,  Anda harus berani menuliskan visi Anda dan berjalan sesuai visi yang telah Anda susun walaupun terkadang melawan arus kebanyakan. Anda tidak takut untuk memahami masalah tentang biaya, keterbatasan, dan tenaga  yang diperlukan, serta peluang keberhasilan Anda. Jadilah Anda pemimpin yang memiliki visi  yang jelas, karena ini adalah awal kesuksesan Anda di masa yang akan datang.

» TUJUAN, merupakan sasaran yang spesifik dan realistis. Pada tahap tujuan, Anda mulai menentukan.sasaran-sasaran  yang jelas dan praktis dalam mencapai apa yang Anda inginkan. Anda paham berapa banyak yang bisa Anda capai -yang tidak bisa Anda capai- dan mulai merancangnya dengan sungguh-sungguh. Setiap orang punya 'kapasitas maksimum' untuk menjalankan tugas atau menyelesaikan persoalan dalam satu waktu secara bersamaan.

» RENCANA, merupakan garis besar langkah demi langkah tentang bagaimana Anda akan meraih tujuan-tujuan Anda. Ini adalah tahapan dimana Anda menentukan bagaimana membuat impian Anda menjadi kenyataan. Anda menyusun daftar tindakan saat-saat penting, dan agenda untuk kegiatan aksi nyata dalam schedule pekanan atau harian. Lalu Anda mulai.melaksanakan. Lakukan sekarang atau Anda kehilangan kesempatan selamanya.

Tetap semangat buat sahabat semua yang sekarang bergabung di 'KOIN EMAS: Komunitas INtelektual dan Entrepreneur Muslim Ahli Syurga dengan visi : Bersama Mewujudkan Indonesia yang Sehat, Kuat dan Dahsyat serta penuh Rahmat'
Published with Blogger-droid v2.0.6