Laman

Rabu, 08 Agustus 2012

Perusahaan Pendidikan Terbesar - Impianku

Dari pengalaman membangun dan mewujudkan mimpi-mimpi besar yang telah saya tulis dalam selembar kertas dan saya beri judul 'My Goals', tersimpan sebuah jiwa yang menjadi ruh yaitu semangat pembelajaran yang diwariskan dari keluarga besarku yang kebanyakan berprofesi sebagai guru. Bapakku seorang guru, dua orang kakak kandungku juga sekarang jadi guru. Jiwa pendidik mengalir dalam diriku.
 
Apa perbedaannya dengan sekolah pafa umumnya? Pertama: Alam nyata adalah kelas-kelasku yang tanpa sekat dan diperuntukkan untuk proses pembelajaran bagaimana caranya sebuah visi dan misi yang lahir dari sebuah impian bisa direalisasikan dalam sebuah karya nyata yang bermanfaat untuk semua orang. Kedua: semua siswa juga berperan sebagai guru yang saling bahu membahu untuk mengisi kekosongan dalam sebuah suasana yang penuh keceriaan dan didorong untuk terus berinovasi berdasarkan nilai-nilai dan filosofi yang telah digariskan dan diajarkan disela-sela proses pembelajaran.

Saat memberikan arahan di meeting pagi BMT Harum bersama para manajer dan staff Rabu kemarin, saya kembali mengingatkan apa yang pernah saya sampaikan dulu di awal pendirian Lembaga Jasa Keuangan Syariah ini dipertengahan tahun 2005, bahwa apa yang diraih saat ini belumlah seberapa dibandingkan mimpi besar yang terbangun dalam pikiran para pendiri yaitu Lembaga Keuangan Syariah yang memiliki aset tidak hanya milyaran tapi juga triliunan rupiah dengan tetap menjaga nilai-nilai syariah. Sehingga dibutuhkan lima hal yang disimbolkan dengan menggunakan lima jari mulai dari Jempol sampai jari kelingking, dengan urutan sebagai berikut:
1. Good Character
2. Focus
3. Merk
4. Jalinan Hubungan Yang Manis dengan semua pihak.
5. Hal-hal kecil yang selalu diperhatikan untuk meningkatkan nilai tambah.

Dan pagi tadi sesaat setelah kedatangan saya di Purwokerto dan saya mampir di rumah Ketua Cabang group perusahaan, saya sempat juga menyampaikan bahwa berdasarkan 14 prinsip Tito Way kita jadikan lahan di Graha Wiradadi Regency sebagai lantai produksi sekaligus kelas untuk proses pembelajaran semua anggota tim. Karenanya semua anggota tim harus mampu menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan tanpa tekanan. Ingat firman Allah yang artinya 'Dan tiadalah kehidupan dunia melainkan sendau gurau dan permainan', maka untuk mewujudkan dunia sebagai kelas raksasa proses pembelajaran, semua pihak haruslah menciptakan dan mewujudkan konsep pembelajaran 'fun learning', belajar sambil bermain diiringi tawa dan canda. Semua adalah guru sekaligus murid, ini titik tekan yang harus diperhatikan oleh semuanya.

SEMANGAT PAGI -SEHAT KUAT DAHSYAT.. !!

Published with Blogger-droid v2.0.6