Laman

Jumat, 21 September 2007

LATIHAN MEMBANGUN CITRA DIRI ANDA SEBAGAI ORANG HEBAT

LATIHAN MEMBANGUN CITRA DIRI ANDA SEBAGAI ORANG HEBAT

Dalam sebuah artikel yang dimuat di majalah Personal Excellence, Marry Kay Ash pendiri perusahaan Mary Kay Cosmetics, menunjukkan beberapa latihan yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan citra diri Anda sebagai orang hebat, dan mulai menciptakan suasana sukses di dalam kehidupan Anda. Simaklah beberapa sarannya berikut ini:

1. Bayangkanlah diri Anda sudah menjadi orang sukses. Teruslah gambarkan diri Anda sebagai sosok yang sukses. Cobalah gambarkan diri Anda sebagai orang sukses yang Anda idamkan. Luangkan sedikit waktu setiap hari untuk menyendiri tanpa diganggu siapapun. Usahakan agar diri Anda merasa nyaman dan santai. Pejamkanlah mata Anda dan konsentrasikan pikiran Anda pada sasaran-sasaran yang hendak Anda capai. Bayangkan diri Anda berada di dalam lingkungan baru itu sebagai seseorang yang cakap dan penuh percaya diri.

2. Renungkan kesuksesan yang Pernah Anda Raih di Masa Lalu. Semua kesuksesan itu, sebesar atau sekecil apapun, membuktikan bahwa Anda sesungguhnya mampu menggapai kesuksesan yang lebih besar lagi. Rayakan semua kesuksesan itu. Anda boleh mengingat-ingat setiap kali rasa percaya diri Anda mulai pudar.

3. Pastikan Sasaran yang Hendak Anda Raih. Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang arah yang akan Anda tempuh. Waspadalah setiap kali Anda mulai melenceng dari tujuan tersebut dan secepat mungkin ambillah langkah-langkah koreksi yang diperlukan.

4. Tunjukkan Respon Positif Pada Kehidupan. Bangunlah citra diri yang positif. Citra diri Anda, reaksi positif yang Anda tujukan pada kehidupan, dan semua keputusan yang Anda ambil sepenuhnya berada di dalam kendali Anda.

KATA-KATA BIJAK

Berhentilah Berusaha menjadi Sempurna, dan mulailah menjadi LUAR BIASA.