Laman

Senin, 17 September 2007

ACTION PRINCIPLES # 1 SET GOALS – TENTUKAN TUJUAN

PRAKATA....!!

Aku persembahkan tulisan ini sebagai uraian dari buku “100 Action Priciples by Bill FitzPatrick” untuk Anda semua yang ingin meretas sebuah jalan menuju sebuah Kesuksesan. Aku ingin berbagi kesuksesan sesuai dengan apa yang aku alami dalam perjalananku yang panjang sampai sekarang dalam sebuah komunitas yang LUAR BIASA. Komunitas yang mendidik dan membina aku selama bertahun-tahun, dari seorang yang biasa menjadi seorang yang mampu berkarya untuk mendatangkan manfaat bagi semua orang, bagi bangsa ini dan juga negara ini.

Terima kasih para pembina “Partai Keadilan Sejahtera”, yang dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dari awal tahun 1990 saat awal masuk kampus STAN (sebelum menjadi sebuah partai) telah membina Aku dalam forum Tarbiyah. Disinilah aku menemukan sebuah Keteladanan yang sebenarnya, keikhlasan tanpa pamrih, dan pengorbanan yang luar biasa dari para pembina sehingga aku menemukan jati diriku sekarang ini sebagai sebuah PERMATA YANG BERHARGA dan TUNAS yang akan tumbuh dan terus tumbuh dimanapun dan kapanpun tanpa mengenal musim. Aku akan tetap bersama Partai Keadilan Sejahtera selamanya sampai aku melihat Negera Indonesia ini menjadi Negara Yang Besar, Bebas Korupsi, Disegani oleh Negara Lain.

Akupun menyadari bahwa saat Partai ini menjadi besar, maka ibarat pohon pastilah ada daun yang kering, dan ada ranting yang patah. Sehingga jikalau Anda melihat ada kader partai ini yang terjatuh dalam korupsi atau berguguran karena tak mampu menahan fitnah dunia, maka yakinlah masih banyak daun muda yang terus bersemi disetiap ranting dan cabang bahkan batang. Akan banyak kader-kader muda yang terus bermunculan dan tumbuh DIBANYAK DAERAH menjadi kader yang LEBIH BAIK dan LEBIH TANGGUH untuk menjadikan NEGARA INDONESIA YANG BESAR, BERSIH DAN BERWIBAWA.... Ayo bergabunglah bersama kami untuk cita-cita yang mulia ini.... Partai Keadilan Sejahtera............

SETYADI, SE

ACTION PRINCIPLES # 1 SET GOALS – TENTUKAN TUJUAN

Set Goals

Unless you shape your life, circumstances will shape it for you. You have to work, sacrifice, invest, and persist to get the results you want. Choose them well. You can’t start your planning until you know where you want to go.

You are the sculptor of your own image. Have others already done what you want to do? Study them and do what they did. Start anywhere, at anytime, and persist. Stop worrying what others think about what you can or can’t do. Believe in yourself and your abilities. Have the self-confidence to challenge your current situation. This is your life to live; it’s day by day and step by step.

Write down your goals. Only three percent of people have written goals and only one percent review those written goals daily. Be in that elite one percent. Visualize the attainment of your goals often. Goals are dreams with dates attached. You will only become as great and as happy as the goals you choose.

Tentukan Tujuan

Jika anda tidak membentuk hidup anda, maka keadaan yang akan membentuknya. Anda harus bekerja, berkorban, berinvestasi dan tekun untuk mendapatkan hasil-hasil yang anda inginkan. Pilihlah dengan hati-hati hasil yang anda inginkan. Anda tidak bisa memulai rencana anda sampai anda tahu kemana anda ingin pergi.Anda adalah pemahat bayangan masa depan anda sendiri. Sudahkah orang lain melakukan sesuatu yang ingin anda lakukan? Pelajari mereka dan kerjakan apa yang telah mereka kerjakan. Mulai dari mana saja, kapan saja dan tekunlah melakukannya. Jangan khawatirkan pikiran orang lain tentang apa yang bisa dan tidak bisa anda lakukan. Percayalah pada diri anda sendiri dan kemampuan anda. Hadapi situasi yang ada dengan kepercayaan diri. Hidup adalah milik anda untuk anda jalani; hari demi hari, tahap demi tahap.Tulislah tujuan-tujuan anda. Hanya tiga persen orang yang menuliskan tujuan-tujuannya dan hanya satu persen yang mengkaji ulang tujuan-tujuan tertulis tersebut setiap hari. Beradalah diantara kelompok elit yang berjumlah satu persen tersebut. Visualisasikan pencapaian tujuan-tujuan anda sesering mungkin. Tujuan adalah mimpi yang dilengkapi dengan tanggal. Anda hanya akan menjadi sebesar dan sebahagia tujuan yang anda pilih.

DESKRIPSI

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? (Al-Qur’an 23:15)

Tidaklah AKU (ALLAH) ciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah-KU... (Adz-Dzariyat 56)

Apa jadinya, jika anda tak punya tujuan dalam hidup ini. Sebagai ilustrasi saat Anda turun dari pesawat disebuah bandara, kemudian Anda masuk taksi dan ditanya oleh sang sopir, “Mau kemana...”. Apakah Anda akan menjawah “terserah pak sopir...” Kira-kira apa reaksi pak sopir mendengar jawaban Anda? Bingung atau bahkan anda langsung disuruh turun, diomelin, dikira tidak waras.....

Begitulah, di bandara kehidupan manapun Anda dilahirkan, Anda harus punya tujuan. Cobalah dan praktekkan apa yang telah aku lakukan sehingga aku mendapatkan sesuatu yang BESAR saat sekarang ini. Praktekkan saja dan tidak perlu banyak pertanyaan, apalagi diperdebatkan. Ambil pensil atau bolpoint dan secarik kertas. Biarkan tangan Anda menuliskan secara dinamis semua keinginan Anda dari sekarang sampai dua puluh tahun akan datang atau lebih bahkan kalau mampu sampai saat kematian Anda. Mungkin Anda akan bisa menulis lebih dari SERATUS daftar keinginan. Ingat... tuliskan juga yang BESAR dan POSITIF diantara seratus daftar tersebut sebagai sebuah PUNCAK KESUKSESAN Anda. Sebagai misal “Tahun 2030 dengan ijin dan pertolongan Allah, aku sudah berpenghasilan 1 Milyar perbulan atau BAHKAN LEBIH”. Jika ini yang ditulis, maka tuliskan pula apa yang akan Anda perbuat pada tahun 2030 dengan penghasilan sebesar itu... Misal “Tahun 2030 aku akan menyantuni 1000 anak yatim dan memberi makan 1000 orang miskin...”. Kenapa...? Wajar Anda mendapatkan penghasilan sebesar itu, karena anda juga sudah menentukan PERUNTUKANNYA.

Sebagai ilustrasi, jika anak Anda meminta uang pada Anda “Pak/Bu.... saya minta uang satu juta”.
Kemudian Anda bertanya ‘Untuk apa nak...?’
Seandainya jawaban anak Anda adalah ‘Pokoknya saya minta satu juta.... titik’
Kira-kira Anda mau memberi apa tidak... Pasti Anda tidak akan memberi.
Tapi kalau Anak Anda menjawab “500 rb untuk bayar kuliah semester ini, 300 rb untuk beli buku, 200 rb untuk uang saku ...” Tentulah Anda akan berpikir untuk memberi apa yang anak Anda minta.

Seperti itulah ilustrasinya kalau semua yang Anda tulis sebagai sarana untuk meminta pada sang Maha Kuasa dalam setiap doa yang Anda lantunkan. “Ya Allah, aku telah menulis semua keinginanku, maka berilah aku yang lebih baik dari apa yang telah aku tulis ini....” Maka YAKINLAH, Allah Yang Maha Kuasa mampu memberi dan mengabulkan doa Anda dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang Anda minta dan dari apa yang Anda tulis.

Ingat hidup adalah pilihan. Maka pilih masa depan anda dengan cara menuliskan semua keinginan Anda. Setelah anda tulis, kemudia kelompokkan untuk memudahkan dalam evaluasi harian dan pekanan. Beri waktu atau tahun pencapaiannya, dan buat dalam sebuah bingkai pigura yang bisa Anda pasang dikamar atau sebuah ruang piihan di rumah Anda yang mudah dilihat. Baca berulang-ulang tulisan anda setiap hari.... Dan bayangkan saat anda mencapai itu semua. Berbahagialah selalu....

Jangan jadikan dalil bahwa rizqi, hidup dan mati sudah ditentukan oleh sang Kuasa sebagai alasan untuk tidak membuat sebuah perencanaan hidup untuk masa depan Anda. Apakah Anda tahu rizqi Anda akan datang, tidak usah jauh-jauh, Apakah Anda tahu rizqi Anda hari ini. Maka karena Anda tidak tahu semua itu. Persiapkan semuanya dengan membuat perencanaan hidup sebelum bekerja. Karena ini adalah tindakan yang paling bijak.
Diperusahaan manapun agar menjadi besar pastilah ada tim ahli yang menyusun perencanaan untuk masa depan perusahaannya. Dan air yang mengalir agar lebih bermanfaat, pastilah akan dibuatkan sebuah pematang irigasi untuk mengairi petak-petak sawah para petani, yang itu juga sebelumnya dibuat rencananya. Dan semua bangunan besar didunia ini sebelumnya adalah impian yang dituangkan dalam sebuah perencanaan dan yang penting berani dilaksanakan. Anggaplah rencana dan keinginan yang Anda tulis sebagai sebuah perencanaan strategis di sebuah perusahaan besar.

Sebuah bangunan yang besar pastilah ada seorang arsitek yang membuat desain bangunan sebelum semuanya dimulai. Dan bahkan ada seorang teknik sipil yang menghitung detil nilai bangunan tersebut. Ingat... Allah Sang Pencipta juga telah menuliskan semua hal, baik besar maupun kecil sebelum alam semesta ini diciptakan. Selamat mencoba....!!!