Laman

Senin, 29 Oktober 2007

TIPS DAN TATA CARA BAGI ANDA YANG INGIN MENDIRIKAN SEKOLAH


Kutulis ini atas permintaan beberapa member TDA (Tangan Di Atas) yang ingin mendirikan sebuah sekolah atau lembaga pendidikan. Sebagai sharing atas pengalaman saya membangun enam sekolah selama lima tahun. Semoga Tips dan tata cara pendirian sekolah ini bisa bermanfaat bagi Anda.

APA YANG HARUS DIMILIKI DI AWAL?

Mungkin banyak diatara kita yang berpikir bahwa modal yang paling utama yang harus dimiliki oleh kita untuk membangun apa saja termasuk mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan adalah dana alias uang. Ternyata tidak seratus persen benar, karena saya adalah type orang yang senang menggunakan konsep BODOL (Bisnis Optimis Dana Orang Lain) dalam membangun banyak hal.

Keinginan Yang Kuat (Irodatul Qowwiyyah) adalah modal dasar bagi Anda yang ingin sukses dalam membangun sebuah usaha. Maka, bangunlah sebuah impian yang besar tentang sebuah Lembaga Pendidikan yang akan Anda inginkan, karena impian adalah kenyataan yang akan datang. Jangan takut ditertawakan oleh orang lain, saat Anda berusaha memaparkan ide dan impian Anda. Justru itu adalah sebuah lecutan yang akan memacu Anda untuk menunjukkan bahwa Anda BISA mewujudkan apa yang Anda impikan. Untuk memudahkan pencapaian, tulis impian besar Anda tentang lembaga pendidikan yang akan Anda dirikan, misal dulu impian yang pernah saya tulis tahun 2000 adalah ”sebuah kampus yang didalamnya terdapat Lembaga Pendidikan mulai Play Grup sampai Perguruan Tinggi”.

Setelah itu, rancang visi Anda tentang Lembaga Pendidikan yang akan Anda buat. Dan untuk visi ini, yang saya tulis tentang Visi Lembaga Pendidikan saya adalah ”Pendidikan yang berkualitas dan terjangkau”. Kenapa saya menulis visi demikian, karena saya ingin memiliki sebuah Lembaga Pendidikan yang Berkualitas dari segala aspek, tidak hanya soal akademik tapi juga yang lainnya terutama aspek moral dan religius. Dan dengan visi ini juga saya ingin semua segmen masyarakat bisa menikmati kualitas pendidikan yang saya dirikan, sehingga dalam penentuan biaya akan ditentukan secara bersama antara orang tua wali dengan lembaga ketika tahap wawancara. Maka soal biaya pendidikan di Lembaga yang saya dirikan adalah relatif, bagi yang kaya akan menyumbang biaya yang besar dan bagi yang tidak mampu akan mendapat subsidi.

Visi ini akan besar pengaruhnya terhadap perjalanan kedepan Lembaga Pendidikan yang akan Anda dirikan. Semua kebijakan dan arahan yang Anda berikan akan berpusat pada visi yang telah Anda bangun sebelumnya. Maka, Anda secara perlahan akan belajar menjadi seorang pemimpin yang visioner.

Jangan lupa, tuliskan impian Anda dalam sebuah rencana aksi, dan tentukan time schedul pelaksanaannya. Kapan Anda harus memulai, kapan Lembaga itu harus sudah berdiri, dan lembaga apa saja yang akan Anda dirikan. Biasanya saya menyusun rencana jangka menengah lima tahunan. Dalam lima tahun kedepan apa yang akan saya lakukan untuk mewujudkan impian besar saya. Maka Anda pun harus menyusun rencana jangka menengah, setelah itu susun rencana aksi untuk setiap tahun bersama mastermind yang telah Anda pilih.

MEMILIH MASTERMIND

Sebenarnya saya sudah menuliskan hal ini panjang lebar dalam blog saya ( http://rumah-impianku.blogspot.com ) , Anda tinggal mempelajarinya. Tapi, disini saya perlu menjelaskan secara khusus kaitannya dengan Lembaga Pendidikan yang akan Anda dirikan.

Mastermind yang akan Anda bentuk harus dibuatkan sebuah WADAH. Biasanya wadahnya adalah sebuah yayasan. Yayasan menurut UU Yayasan, tersiri dari Dewan Pembina, Dewan Pengawas, dan Dewan Pengurus. Yang harus mendapat perhatian bagi Anda semua adalah siapa yang akan menduduki jabatan Dewan Pembina ( 3 orang), karena Dewan Pembina berkedudukan sebagai pemilik dan punya wewenang untuk menyusun Dewan Pengurus Yayasan sekaligus berwenang membubarkan Dewan Pengurus. Kemudian untuk legal formal, tentukan 2 orang sebagai Dewan Pengawas, dan 3 orang minimal sebagai Dewan Pengurus (Ketua, Sekretaris dan Bendahara). Untuk saat ini, perkiraan biaya pendirian sebuah yayasan habis sekitar 3,5 juta rupiah.

Wah, mahal sekali, tidak punya uang. Jangan khawatir, Anda bisa mengawali dengan mendirikan LSM dengan biaya yang murah. Kemudian lakukan aktivitas yang bermanfaat untuk masyarakat, insya Allah beberapa tahun beraktivitas akan terkumpul dana yang Anda butuhkan. Diawal, saya mengawali dengan aktivitas Lembaga Amil Zakat Ash-Shidiq (LAZASH), alhamdulillah romadhan tahun 1998 dapat ZISWAF sekitar 1,5 juta. Sejak awal zakat fitrah dibagi semua menjelang Idul Fitri, sisanya sebagian disalurkan bertahap dan sebagaian dikumpulkan untuk biaya pendirian lembaga pendidikan. Sekarang tahun 2007 (1428 H), laporan dari manajer Lazash perolehan ZISWAF bisa lebih dari 60 juta selama satu bulan ramadhan.

Untuk susunan Dewan Pengurus, Anda harus memilih orang-orang yang mau bekerja, jangan asal pasang nama. Mungkin Anda perlu bongkar pasang selama beberapa tahun untuk menemukan formasi Dewan Pengurus yang ideal. Sebagaimana yang saya lakukan, hingga saat ini saya masih terus melakukan pembenahan internal susunan Dewan Pengurus. Untuk saat ini, Dewan Pengurus di Yayasan Pengembangan Ummat SIDIK Pati terdiri atas : Ketua dan seorang wakil ketua, Sekretaris, Bendahara, Bidang Pendidikan (Ketua dan Anggota), Bidang Sarana Prasarana (Ketua dan Anggota), Bidang Humas, Bidang Fundrising dan Bidang Kesehatan.

Karena, yayasan yang akan Anda buat adalah yayasan pendidikan, maka jelas untuk Ketua Bidang Pendidikan harus Anda pilih dari orang yang memahami betul tentang Pendidikan. Dan untuk memudahkan kedepan dalam pembangunan gedung dan pengadaan sarana prasarana pendidikan lainnya, pilih seorang yang berlatar belakang Teknik Sipil sebagai Ketua Bidang Sarana Prasarana. Soal Bidang lainnya terserah saja.

Anda adalah pemilik impian dan gagasan besar. Soal detailnya anda harus libatkan seluruh Pengurus untuk membuat rencana jangka menengah dan rencana tahunan. Pelibatan pengurus dalam banyak hal akan meningkatkan rasa kepemilikan dan juga rasa tanggungjawab serta kesiapan untuk berkorban. Beri support dan dukungan serta penghargaan atas kerja seluruh pengurus. Sehingga seluruh pengurus yayasan akan merasa enjoy dan bersemangat dalam bekerja.

MENENTUKAN KEPALA SEKOLAH

Kenapa, pembahasan soal ini saya khususkan? Karena seorang Kepala Sekolah sangat besar pengaruhnya dalam mengendalikan sebuah Sekolah sesuai dengan visi yang kita tentukan. Kepala Sekolah sebagai seorang Manajer di Sekolah berfungsi sebagai Jembatan antara keinginan Yayasan dengan para guru (ustad dan ustadzah). Jika salah memilih, boleh jadi bukan berfungsi sebagai jembatan, justru akan menjadi penghalang.

Kepala Sekolah bersama dengan Bidang Pendidikan Yayasan merumuskan visi dan misi sekolah sesuai dengan visi yayasan. Dari visi dan misi yang telah disusun kemudian tentukan jaminan kualitas (Quality Assurance/QA) dari sekolah yang akan Anda tawarkan kepada calon orang tua wali (masyarakat). Ini lho, output dari Sekolah yang Anda tawarkan, dan dari QA ini Anda bisa menentukan berapa biaya yang akan dipungut dari setiap siswa.

Setelah itu Kepala Sekolah bersama Bidang Pendidikan menyusun rencana recruitmen guru, kapan magang untuk guru-gurunya, kapan mulai pendaftaran siswa baru dan berapa kapasitasnya, menyusun kebutuhan sarana prasarana (Meja ,Kursi dll) yang akan diajukan ke Yayasan melalui Bidang Sarana Prasarana Yayasan.

Soal kualifikasi dan spesifikasi guru yang akan direkrut, alangkah baiknya sejak awal disyaratkan minimal berkependidikan Sarjana (S-1), dan lebih baik lagi yang punya latar belakang kependidikan, tentunya setelah syarat berakhlak yang baik dan aspek utama lainnya terpenuhi. Soal gedung bisa pinjam atau sewa. Untuk jenjang Sekolah, awali dari yang paling rendah yaitu Play Grup/ TK.

KERJAKAN SEKARANG

Jangan menunda-nunda, karena menunda berarti menumpuk pekerjaan. Karena menunda berarti menunda proses pembelajaran. Karena menunda akan menaikkan ongkos pembiayaan. Jangan menunda sampai semua kondisi sempurna menurut keinginan Anda. Kondisi selalu berubah. Dan kalau Anda tidak melangkah sekarang, Anda akan tergilas oleh roda perubahan.

Jangan takut melangkah, Anda harus berani memulai sekarang. Belajarlah sambil berjalan. Karena pengalaman lapangan jauh lebih berharga dari tulisan. Salah langkah itu lebih baik daripada tidak melangkah sama sekali. Karena kalau Anda tidak pernah melangkah, selamanya Anda tidak akan tahu mana jalan yang benar dan terbaik untuk memulai usaha.

HAL LAIN

Untuk hal lain, terkait dengan ijin pendirian sekolah ke Diknas (berkas yang dibutuhkan), atau Anda perlu informasi lainnya, Anda bisa menghubungi saya lewat japri ( rumah.impianku@gmail.com , setyadi0571@yahoo.com )

CONTOH PENDIRIAN SEKOLAH