Laman

Jumat, 02 Desember 2011

Ketika Tekanan Begitu Kuat Mengguncang

Saat itu hari Jum'at tanggal 25 Nopember 2011........., sudah beberapa bulan ujian dalam bisnis begitu kuat menekan hari-hari saya dalam perjalanan untuk membangun banyak 'mimpi-mimpi besar'. Begitu kuatnya bahkan menyebabkan Manajer Keuangan 'Tito Group' yang begitu tegar dalam menghadapi banyak tantangan selama beberapa tahun bersama saya sampai harus istirahat beberapa hari di rumah untuk menenangkan pikiran.


Di saat kondisi seperti ini, saya mengambil penuh tanggung jawab. Tetap tenang, dan berdoa mohon pada Allah petunjuk, sehingga saya baca sebuah tulisan yang waktu itu saya mohon pada Allah untuk saya baca agar hati tetap kokoh dan tegar. Tulisan itu saya baca dari Kitab yang berjudul 'Futuhul Ghaib':

KESABARAN RASANYA PAHIT, TETAPI AKIBATNYA MANIS BAGAIKAN MADU

Betapa sering engkau berkata: "Apa yang harus kulakukan dan bagaimana caranya?" Lalu dikatakan kepadamu: "Tetaplah di tempatmu, dan jangan melanggar batas yang telah ditentukan, hingga datang kelonggaran kepadamu kepadamu dari Dia Yang memerintahkanmu untuk tetap berada ditempat dimana engkau berada.

Allah SWT berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah engkau dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada Allah supaya kalian beruntung." (QS 3: 200)

Wahai mukmin, Allah telah memerintahkanmu untuk bersabar, saling berpesan dengan kesabaran, saling menjaga ikatan, menjaga batas-batassan yang telah ditentukan Allah, lalu Allah memperingatkanmu agar tidak meninggalkan kesabaran. Dia mengatakan: Dan takutlah kepada Allah untuk meninggalkannya - yaitu meninggalkan kesabaran - karena kebaikan dan keselamatan ada dalam kesabaran. Rasulullah saw bersabda: "Kedudukan kesabaran terhadap iman, bagaikan kepala terhadap tubuh." Juga dikatakan bahwa pahala segala sesuatu sesuai dengan ukurannya, kecuali pahala sabar, karena sabar itu pahala tidak terbatas. Sebagaimana firman Allah SWT: "...sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas." (QS 39:10)

Apabila engkau sudah takut pada Allah SWT, dengan menjaga kesabaran dan batasan-batasan yang telah ditentukan-Nya, maka Dia akan melimpahkan apa yang telah dijanjikan-Nya bagimu dalam al-Qur'an: "Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka." (QS 65:2-3)

Tetaplah sabar sehingga engkau termasuk orang-orang yang tawakkal kepada-Nya sampai Allah memberikan kelapangan kepadamu. Karena Allah telah berjanji akan memberikan kecukupan kepadamu, dalam firman-Nya: "Barangsiapa bertawakkal kepada Allah, maka Dia cukup baginya." (QS 65:3)

*-------------------
SubhannAllah.... setelah baca tulisan itu, saya makin tenang dalam menghadapi semua ujian dari Allah ini. Saya bersyukur pada Allah, di saat ujian datang, Allah memberikan pada saya sahabat-sahabat yang tetap ceria menikmati ayunan irama kehidupan ini. Mereka adalah para Direktur, Manajer Area, Manajer Proyek dan manajer-manajer lainnya serta seluruh staff yang tetap fokus pada langkah-langkah untuk menggapai mimpi besar yaitu 'kebahagiaan bersama di dunia sampai akhirat.' Jaga sholat lima waktu, jaga kebersamaan, jaga untuk tetap tenang, rileks dan ceria. Allah bersama kita.